SINODALITAS DALAM GERAK PERUBAHAN

Para peserta berfoto bersama

Bimas Katolik Kanwil Kemenag Jawa Barat menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan  Pegawai dan Guru Keagamaan  Katolik se-Jawa Barat Tahun 2024 di Hotel Takashimaya. Ketua Panitia Kegiatan, Lucia Kristianty mengatakan, kegiatan ini  dilaksanakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 23 sampai dengan 25 Agustus 2024 yang diikuti oleh pegawai dan Guru Agama Katolik se-Jawa Barat sebanyak 125 orang. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Pembimas Katolik, Rosentina Lopez, Jumat (23/8). 

Pada arahannya, Rosentina Lopez, S.Pd mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menguatkan Persekutuan Warga Gereja, mengimplementasikan keutamaan Kristiani dalam perubahan zaman dan membangun gerak langkah perubahan. "Dalam kemajuan perubahan zaman, ASN perlu senantiasa meningkatkan profesionalitas, kompetensi, integritas, inovasi, dan keteladanan," jelas Rosentina Lopez, S.Pd. Ia menegaskan bahwa perubahan ini harus langsung disesuaikan oleh penyuluh dan guru Agama Katolik agar tetap dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

Mengenai hal ini, lanjutnya, Gereja Katolik pun mencermati kemajuan, perkembangan, dan perubahan dunia yang dapat membawa kegembiraan ataupun kecemasan. "Gereja pun perlu berjalan bersama atau sinodalitas antara hierarki, lembaga hidup bakti dengan Umat Allah," ujar Rosentina. Maka dari itu, Rosentina berharap dengan terlaksananya kegiatan ini, kualitas sumber daya manusia akan meningkat sehingga dapat mewujudkan pelayanan yang cepat, tepat, mudah, murah, dan terjangkau. 


Pemateri pertama Pastor Aloysius Sutarno, Pr dari Keuskupan Bogor membawakan materi luar biasa dengan tema Sinodalitas Dalam gerak  Perubahan, Materi Kedua Romo Vikaris Jenderal Keuskupan Bandung  Pastor Yustinus Hilman Pujiatmoko, Pr memimpin misa syukur atas sinodalitas dalam gerak perubahan. YBS

Posting Komentar untuk " SINODALITAS DALAM GERAK PERUBAHAN "