Launching Toko Sembako Loh Jinawi

Launching Toko Sembako Loh Jinawi Klepu Sendangmulya Minggir Sleman

Klepu, 31 Agustus 2024. Bertempat di sebelah barat Gereja St.Petrus dan Paulus Klepu, pukul 17.00 Bidang Kemasyarakatan Paroki Klepu menggelar rapat bersama pemegang saham koperasi Loh Jinawi. Koperasi Loh Jinawi muncul karena Gerakan UMKM dan mau memberdayakan ekonomi umat. Demikian ungkap H.Sudarto, Ketua Bidang Kemasyarakatan Paroki Klepu Sendangmulyo Sleman.

Berawal dari glenak-glenik, Ketua Bidang Kemasyarakatan H.Sudarto, W.Suindriyo, Agus Suteja, A.Supardi, Dwi Lestari, Timja PSE (Pengembangan Sosial Ekonomi), muncullah Gerakan UMKM. Mereka membuka lapak UMKM “Milik Kita” dengan menempati rumah ibu Sudarwati pada bulan April 2024 lalu. Lapak ini lebih menyediakan jajanan (kuliner) dengan menampung produk-produk dari anggota antara lain: peyek, bakpia, getuk, macam-cacam sayur, telur asin, tahu goreng, mendoan dsb. Kemudian mulai bulan Juli 2024, lapak menambah warung di sebelah utara gereja Klepu.

Rama Aldofus Suratmo, Pr (baju putih) memerciki ruang dan barang dengan air suci
didampingi YP.Supriyanto (baji merah)

Glenikan tidak berhenti tetapi tambah personal, ada Aryadi, Baramon, Djuwadi, Suharja, Sudiya, Maria Sari, dll.  “Ini kalau ada dana 20 juta, kita bisa beli sembako, kita bisa menyediakan sembako untuk umat” kata Suindriyo. Nampaknya celetukan ditanggapi serius teman-teman. “Kalau begitu kita cari dana” sambut Dedek Aryadi. Jadilah pergerakan baru, mereka mengumpulkan orang dan menggali dana. Mereka berfikir umat yang terdiri dari 3000 KK, ini bisa diberdayakan, dari umat, oleh umat dan untuk umat. Ini bisa menjadi model atau percontohan paroki lain.

Glenikan memnbuahkan hasil, merencanakan membuka toko sembako unutk melayani umat dan masyarakat umum. Dibentuklah kepengurusan sementara H.Sudarto penanggungjawab, Suindriyo sebagai Ketua, sekretaris Gandung dan Dwi Lestari, bendahara Maria Sari dan Suharjo, manager G.Aryadi, penasehat Supardi dan Sukidi, pengawas, Lucia Marwati, Ig.Muryanto dan FA.Joko Siswanto.

G.Dedek Aryadi (manager toko sembako Loh JInawi) menyerahkan potongan tumpeng kepada P.Suyanto Penasehat CU.Satu Hati, didampingi Rama Aldofus Suratmo, Pr (baju putih) dan Suindriyo, Ketua Koperasi Loh Jinawi (baju hitam)

Rapat anggota pertama kemarin Sabtu 31 Agustus 2024, dengan acara, penjelasan keberadaan toko sembako yang akan dibuka Minggu 1 September 2024, pukul 09.00 setelah bubaran misa kedua Minggu di Klepu. Dikatakan oleh Dedek Aryadi sebagai manager, bahwa usaha nanti adalah koperasi pemasaran, menjuah sembako dengan nama “Loh Jinawi”. Mengenai bentuk dan anggaran dasar nanti kita rembug pada Minggu 8 September 2024, anggaran dasar sedang dipersiapkan oleh Bara, maka jangan dulu ditanyakan kalau saya menanam modal dengan membeli saham 10 lembar, 1 juta rupiah nanti untungnya berapa? Jangan dulu. Kita jalan dulu, urusan dirembug sambil jalan. Sampai saat ini sudah terkumpul modal kurang lebih 72 juta, sudah bisa untuk modal usaha. Pada hal rencana awal cari modal 20 juta, kita sudah mendapatkan 72 juta.

Kesempatan datang, toko sembako “Loh Jinawi” sudah dibuka Minggu 1 September 2024, setelah diberkari oleh Rama Paroki Adolfus Suratmo, Pr dengan memerciki air suci ke ruangan dan barang-barang. Pembukaan toko juga ditandai pemotongan tumpeng oleh Dedek Aryadi dan diberikan kepada P.Suyanto, dari CU.Satu Hati, yang merupakan anak kandung Pengembangan Sosial Ekonomi. Jadi lapak kita ini juga adik CU.Satu Hati. Jadi PSE Paroki Klepu sudah melahirkan CU.Satu Hati dan toko sembako Loh Jinawi.

Toko Sembako Loh Jinawi siap melayani dari pukul 07.00 - 21.00
Mari umat paroki Klepu berbondong-bondong belanja. Dari umat, oleh umat untuk umat.

Toko Loh Jinawi buka pukul 07.00-21.00, bertempat di sebelah barat gereja Klepu. Jadi saat ini UMKM Paroki Klepu, melayani jajanan/kulineran dengan lapak “Milik Kita” di Babut Sendangmulya Minggir Sleman dan di sebelah utara gereja Klepu, serta toko sembako Loh Jinawi di sebelah barat Klepu.

Dalam kesempatan ini toko sembako Loh Jinawi juga mendapat dukungan moril dengan dikirimkannya karangan bunga dari MY.Esti Wijayati, Anggota DPR-RI Komisi 8, RB.Ramelan, Anggota DPRD Kab.Sleman, Yan Kurnia Kustanto, Anggota DPRD DIY (terpilh), Yashinta Sekar Wangi Mega, Anggota DPD-RI Perwakilan DIY (terpilh), Harda Kiswaya (calon Bupati Sleman), Danang Maharsa, Calon Wakil Bupati Sleman, Koperasi Caritas Univ.Atmajaya, Shakuntala Wisata, G.Sri Nur Hartanto Rektor Univ.Atmajaya Yogyakarta dan CU.Satu Hati.

 

Posting Komentar untuk "Launching Toko Sembako Loh Jinawi"