MENDIDIK ANAK SECARA KATOLIK

Bapak Yoh.Sutarno sedang memberikan materi kepada para orangtua wali murid

Purwakarta, Minggu, 29 September 2024 Seksi Pengajaran Keagamaan Katolik Bidang Pewartaan mengadakan Rekoleksi Orang tua Pelajar Katolik SD dan SMP Negeri dan Swasta Katolik. Bertempat di aula Lantai 2 gedung pastoral Paroki Salib Suci Purwakarta. Acara dihadiri oleh pengajar keagamaan antara lain; Bambang Iriyanto, Marsella Suzana, S. E, Desy Lilipaly, A.Md, Mattheus Soeratminto, SH. Orang tua pelajar hadir 30 peserta mengikuti acara rekoleksi. Acara dimulai dengan sambutan Koordinator Bidang Pewartaan Paulsu Basuki. Dilanjutkan dengan Rekoleksi yang diberikan oleh Frater Fransiskus Felix beliau menyampaikan makna Keluarga terdapat di dalam Allah. Orang tua harus menjadi jembatan antara Kristus dan jemaat (anak-anak). Orang tua melakukan pewartaan dan menjadi pendidik untuk anak-anaknya, serta membina anak-anak untuk menghayati.

Orang tua harus mengetahui cita-cita, keinginan, serta harapan anak-anaknya. Dapat mendorong anak untuk mencari harta di ladangnya. Harta terdalam harus ditemukan dengan cara digali dan harus dijaga dengan baik. Menjalankan misi suci: kekudusan, pelayanan gereja. Orang tua dapat menjadi cerminan bagi anaknya dalam menjalankan misi suci seperti melakukan pelayanan gereja: menjadi tatib, misdinar, lektor. Dengan begitu peran orang tua adalah mendorong/mendukung anaknya untuk membentuk iman dalam dirinya dengan mengikuti pelayanan gereja/kegiatan yang dapat mendekatkan dirinya dengan Tuhan.

Bukan hanya di sekolah dan gereja, tetapi di rumah juga anak harus membentuk imannya dengan dibantu oleh orang tuanya. Orang tua dapat mengajak anaknya untuk berdoa. Berdoa merupakan langkah pertama yang dapat dilakukan. Lalu, mengajak anaknya untuk mengikuti kegiatan di dalam lingkungan. Saat anak sekolah agama, diharapkan anak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Jika tidak bisa hadir dikarenakan ada acara atau kendala, maka anak harus membuat janji dengan guru agama supaya tetap bisa mengikuti pelajarannya. Aktif dalam pelayanan gereja dan kegiatan dalam lingkungan dapat menjadi nilai tambahan untuk anak. 

Acara selanjutnya dilakukan presentasi Laporan Pertanggungjawaban Tanda Kasih serta Program Kegiatan selama Tahun 2023-2024 Pembelajaran Pendidikan Keagamaan Katolik yang meliputi; merencanakan pembelajaran,melakasankan pembelajaran, memberikan penilaian dan menguatkan karakter dan budi Pekerti pelajr Katolik SDN SMPN Baik Negeri dan Swasta semakin berbagi sukacita untuk meujudkan semangat berkarya, bersaksi dan memberkati. Penulis Yohanes Baptista Seksi Pengajaran Keagamaan

Posting Komentar untuk "MENDIDIK ANAK SECARA KATOLIK"