Promosi Budaya Nusantara di Slovakia

Ratu Ratna Dewi Kartika (no.4 dari kanan)
"kami diundang langsung oleh Duber RI untuk Slovakia Bapak R.Pribadi Sutiono"

Komunitas budaya GLB atau Gentra Lestari Budaya memperoleh amanah dari Kedutaan Besar Indonesia di Slovakia untuk mempromosikan seni budaya Indonesia dalam acara Indonesia Week; Culture-Trading-Tourism pada tanggal 10 - 14 September 2024 di kota Bratislava. Ketua Umum Gentra Lestari Budaya, Ratu Ratna Dewi Kartika mengatakan "Kami diundang langsung oleh Dubes RI untuk Slovakia Bapak R. Pribadi Sutiono. Untuk itu kami berkoordinasi dengan Kemendikbud untuk mengirim delegasi 14 orang dari GLB NTT, GLB Sumbar, GLB Jawa Barat, GLB Jakarta dan GLB DI Yogyakarta." Untuk diketahui Gentra Lestari Budaya sudah berdiri selama 10 tahun. 

Beberapa agenda yang telah dilaksanakan oleh Gentra Lestari Budaya antara lain Kompetisi Tari Kreasi Nusantara (menginjak tahun ke-7), Pemilihan Putri Tari Nusantara (tahun ke-2), Festival Musik Tradisional, Duta Budaya ke China, Yunani. Mexico-Panama, dll." Kami di Gentra Lestari Budaya berkomitmen melestarikan dan mengembangkan seni budaya Nusantara serta membina talenta-talenta muda seni budaya dari seluruh daerah Indonesia. Kami berkolaborasi dengan stakeholder terkait terutama Kantor Staf Presiden, Kemendikbud dan Kemenparekraf", tambah perempuan yang biasa dipanggil Bunda Ratu itu. Pada agenda promosi seni budaya tersebut dijadwalkan GLB NTT dan GLB Jawa Barat menampilkan lagu dan musik tradisional. Sedangkan dari Jakarta serta Sumatra Barat ditampilkan tari-tarian.


Promosi Jataka - Kisah Relief Borobudur 

Adapun GLB DIY pada kesempatan ini mempromosikan Jataka, kisah-kisah kebijakan warisan Leluhur Nusantara yang bersumber dari relief Candi Borobudur. Performance berupa kolaborasi antara seni tari dengan aksi monolog-teatrikal Bambang Eka Prasetya, pegiat budaya yang telah lama menekuni sastra berbasis relief Borobudur. 

Dewan Pembina GLB yang juga Koordinator GLB DIY, Fidel Diponegoro menyampaikan "Sayang sekali bila masyarakat kita kurang mengenal kisah-kisah Jataka Borobudur yang penuh dengan nilainilai luhur. Itu merupakan warisan tak ternilai tentang pendidikan karakter bagi generasi muda Nusantara. Kami membawa kisah ini ke Eropa, dalam rangka mendongkrak popularitas Jataka sebagai narasi yang memperkuat magnet Candi Borobudur sekaligus meluruskan narasi simpang siur yang sering beredar." 

Salah satu kisah yang akan ditampilkan adalah Maitrakanyaka [sumber: Panel 106 s.d. Panel 112 AABorobudur] yang berkisah tentang anak durhaka yang berlayar tanpa mengindahkan harapan ibunya bahkan bertindak kurang ajar kepada ibunya sehingga kemudian harus menjumpai karma. Untuk diketahui Borobudur memiliki 2672 panel relief dimana 1212 panel bersifat dekoratif sedangkan 1460 panel naratif berisi kisah-kisah yang mengandung nilai-nilai budi pekerti. Ratu Ratna menegaskan, "Kisah-kisah relief Borobudur adalah kekayaan budaya yang perlu disebarkan, diwariskan dan dilestarikan.


Itu concern kami." Jakarta, 9 September 2024 Narahubung : Ratu Ratna Dewi Kartika Hp 082115084175 

Posting Komentar untuk "Promosi Budaya Nusantara di Slovakia"