Sekolah Kebangsaan Pemuda Katolik Sleman

             

Para peserta Sekolah Kebangsaan berfoto bersama

Tular Nalar diciptakan untuk membantu meredam laju onfodemik yang ramai beredar. Tular Nalar dilengkapi dengan berbagai materi mengenai cara berfikir kritis yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Kegiatan Tular Nalar Sekolah Kebangsaan dilaksanakan Rabu, 9 Oktober 2024 bertempat Aula SMA Pangudi Luhur St.Yusup Yogyakarta dan dihadiri oleh sekitar 156 siswa siswi yang hadir. Tular Nalar Sekolah Kebangsaan dilaksanakan oleh Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman bekerjasama dengan SMA Pangudi Luhur St. Yusup Yogyakarta kegiatan ini didukung oleh Love Frankie dan Google.org.

Diskusi kelompok dalam Tular Nalar

Dionisius Agung selaku PIC Program Sekolah Kebangsaan ini menyebutkan bahwa Pemuda Katolik berkomitmen untuk menjalankan program dengan mendalam dan informatif bagi peserta dalam kolaborasinya bersama Tular Nalar. “Sebagai mitra Tular Nalar, kami Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman berkomitmen untuk memberikan pendampingan yang mendalam dan bermanfaat bagi generasi muda dalam rangka mencegah potensi persebaran hoaks, terutama menjelang Pilkada di Wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024

Tim Tular Nalar 

Dalam proses pembelajaran para peserta membentuk kelompok dan dalam satu kelompok ada satu orang Fasilitator yang akan memberikan materi. Pelatihan ini dikemas dengan diskusi dan keseruan games. Petrus Eko Nugoho selaku Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabag Sleman kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada Generasi Z dalam membentengi diri terhadap berita-hoax, serta bagaimana generasi Z menjadi generasi anti Hoax dan anti fitnah. Dalam kegiatan ini peserta diharapkan mampu memahami tentang demokrasi, pemilu, dan sanksi sehingga mereka mendapatkan imun atau kekebalan dalam menerima informasi dan bijak serta bertanggung jawab saat menjadi pemilih, maupun menyebarkan informasi. Dengan demikian peserta dapat mengantisipasi berbagai ancaman hoaks dan disinformasi dengan edukasi penginderaan hoaks.

Posting Komentar untuk "Sekolah Kebangsaan Pemuda Katolik Sleman "